Tips Tepat Memilih Baju Muslim Untuk Acara Lebaran Keluarga


Memilih baju muslim khususnya jenis baju sarimbit keluarga tentunya bukan hal mudah. Apalagi mengingat jumlah anggota keluarga yang kadang tidak sesuai dengan jenis baju seragam yang ditawarkan di pasaran. Selain itu, memilih baju yang sama untuk orang berbeda juga terbilang sulit, karena tidak semua anggota keluarga memiliki selera yang sama, tidak jarang diantaranya anggota keluarga yang satu merasa nyaman dengan jenis baju tertentu, sedangkan anggota keluarga lainnya justru merasa tidak nyaman dan tidak ingin menggunakan baju seragam tersebut. Untuk itu, ketika memilih baju muslim yang sama untuk anggota keluarga ada baiknya apabila anda ikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

  1. Pilih bahan yang nyaman untuk semua orang
Bahan adalah hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih baju muslim untuk anggota keluarga. Pastikanlah untuk memilih bahan yang nyaman dan tentunya tidak menempel pada anggota tubuh. Seperti halnya baju muslim yang terbuat dari kain katun yang umumnya akan menempel dan membentuk lekuk tubuh sehingga kurang cocok apabila digunakan sebagai baju muslim, utamanya saat acara lebaran. Namun, cobalah untuk memilih jenis bahan lainnya yang memiliki kandungan kain katun sedikit. Hal ini berguna dalam menyerap keringat, sehingga setiap anggota keluarga yang menggunakan baju muslim itu pun akan merasa nyaman.

  1. Warna atau corak yang relatif sama
Jika setiap anggota keluarga memiliki pilihan masing-masing yang tentunya tidak sama antara satu dengan lainnya, hal ini tidak menjadi penghalang untuk membuat setiap anggota keluarga tampil lebih kompak, bagaimana caranya? Untuk membuat tampilan seragam meskipun tidak melakukan pemilihan dari baju muslim yang sama, pastikanlah agar setiap anggota keluarga memilih jenis baju muslim yang memiliki warna sama atau corak yang dimilikinya relatif sama, sehingga anda dan anggota keluarga lainnya dapat tampil kompak, sesuai dengan selera yang dimilikinya masing-masing.

  1. Model simple atau sederhana
Karena baju yang hendak digunakan sebagai jenis baju seragam adalah baju muslim, maka pastikanlah untuk memilih model yang sederhana. Dengan kata lain, tidak neko-neko dan juga ribet untuk digunakan, pasalnya tampilan baju muslim yang sederhana, umumnya terlihat lebih elegan dbandingkan dengan jenis baju muslim yang memiliki model beragam. Selain itu model serta desain dari baju muslim yang sederhana juga lebih nyaman untuk digunakan dan tidak mengganggu aktivitas di hari lebaran yang umumnya sibuk untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga atau bahkan tetangga lainnya.

  1. Tidak menunjukkan lekuk tubuh
Karena baju yang hendak digunakan adalah baju muslim, maka sudah dapat dipastikan, bahwa baju yang digunakan oleh anggota keluarga tersebut harus sesuai dengan syariat islam. Dalam hal ini baju muslim yang digunakan itu tidak memperlihatkan aurat, utamanya bagi kaum wanita. Karena tidak jarang diantaranya kaum wanita yang hanya memperhatikan model dari pakaian yang dimilikinya, sedangkan baju muslim yang digunakannya tersebut justru menerawang atau bahkan dapat membentuk lekukan tubuh yang dimilikinya. Padahal lekukan tubuh menjadi hal yang patut untuk ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain yang bukan muhrimnya.  

  1. Aksesories terlalu banyak
Penggunaan aksesories berlebih juga menjadi hal yang kurang baik untuk digunakan pada baju muslim, apalagi jika penggunaan aksesories tersebut dilakukan pada saat acara lebaran. Karena selain menunjukkan tampilan yang lebih glamor, penggunaan aksesories berlebih juga kurang cocok apabila digunakan dalam acara keluarga.
Demikianlah kiranya beberapa tips tepat yang dapat anda ikuti dalam pemilihan model baju muslim dari jenis baju sarimbit keluarga yang dapat penulis jelaskan kali ini.  

Tidak ada komentar :

Posting Komentar