Sudah Punya Belum Baju Sarimbit Keluarga untuk Lebaran?


Mendengar kata sarimbit dalam dunia fashion, tentu bukan lagi istilah yang asing. Ya, sarimbit bisa diartikan baju seragam untuk sebuah keluarga, atau pasangan saja. Biasanya baju ini dipakai untuk acara formal seperti pernikahan, dan bisa juga untuk lebaran dengan keluarga besar.
Busana sarimbit memiliki persamaan antara satu baju dengan yang lain, bisa dari motif, model, corak, ataupun sedikit aksen yang menghiasinya. Dalam artikel kali ini, akan disampaikan beberapa referensi baju sarimbit keluarga untuk lebaran yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk merayakan lebaran kali ini. Model-model yang bisa Anda gunakan antara lain :

1.             Baju Sarimbit Batik
Jenis yang muncul sebagai awalan baju sarimbit adalah model batik. Batik yang memiliki banyak corak ini, ternyata bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan, orang tua, serta anak-anaknya. Dalam memilih motif, diskusikan dengan baik kepada semua anggota keluarga. Jangan lupa, pilih warna yang bisa masuk semua kategori umur supaya tidak akan ada yang terpaksa ketika mengenakan baju sarimbit batik bersama keluarga saat lebaran nanti.
Kesamaan antara motif dan bahan inilah yang menjadi ciri baju sarimbit batik. Untuk model biasanya lebih bervariasi, tetapi tetap mengutamakan corak yang menjadi kesamaan yang ditampilkan. Batik menjadi baju nasional, yang juga cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga saat momen lebaran.

2.             Baju Sarimbit Syar’i
Untuk lebaran, banyak yang memilih model baju sarimbit yang lebih spesifik, yakni baju sarimbit syar’i. Hal ini bisa dilihat dari model baju yang dipilih, biasanya untuk model baju sarimbit batik, maka akan dibuat model kemeja. Namun, untuk baju sarimbit syar’i, yang perempuan akan menggunakan model gamis, sedangkan untuk laki-laki, baju koko lengan panjang.
Untuk kesamaan baju sarimbit syar’i ini pun lebih leluasa, tidak harus batik. Bisa dari bahan baju yang dipilih, aksen yang ditambahkan, ataupun sedikit sentuhan corak yang ada. Warna-warna yang dipilih untuk baju sarimbit syar’i ini pun biasanya warna yang netral, seperti hitam, cream, biru muda, hijau, ataupun ungu pastel.

3.             Baju Sarimbit Satu Tema
Jenis baju sarimbit ini, lebih longgar lagi dalam hal kesamaan. Tema yang sama, tidak berarti harus sama bahan, melainkan cukup corak atau motif yang ada. Selain itu, model yang digunakan pun bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan atau selera. Misalnya saja, untuk sang ibu menggunakan model gamis, tapi sang anak perempuan menggunakan model tunik, yang kemudian dipadukan dengan legging. Hal ini sah-sah saja.
Masalah model yang berbeda juga bisa digunakan oleh ayah dan anak laki-lakinya. Sang ayah menggunakan model kemeja panjang, sedangkan anak kemeja pendek yang dikombinasikan dengan kaos supaya lebih terlihat trendy.

4.             Mix and Match
Mix and match disini maksudnya menggunakan sedikit kesamaan, tetapi inilah yang ditonjolkan. Misalnya dalam penggunakan corak yang ada, yang kemudian dipadukan dengan bahan atau model lainnya. Anda perlu memikirkan dengan baik, untuk bisa mendapatkan efek ini. Bagaimana membuat baju dengan model yang beragam ini, akan terlihat seragam jika dipakai bersamaan.
Dari beberapa model yang telah disebutkan, setiap keluarga memiliki selera sendiri-sendiri. Untuk pasangan muda yang baru memiliki satu anak misalnya, mungkin akan memilih jenis pertama, yakni menggunakan motif batik sebagai baju sarimbitnya. Sedangkan untuk keluarga besar, bisa memilih jenis yang ketiga atau keempat mengingat banyak orang yang harus disatukan. Selamat mencoba jenis baju sarimbit keluarga yang Anda suka!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar