Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Seragam Keluarga Untuk Lebaran


Seragam keluarga umumnya digunakan dalam acara-acara tertentu, seperti halnya acara pernikahan, ulang tahun, lebaran atau bahkan acara besar lainnya yang tentunya dapat dijadikan sebagai ajang kumpul keluarga. Karena itulah tidak heran jika pembuatan seragam pun dinyatakan sebagai hal yang cukup penting untuk dilakukan guna menunjukkan kekompakan diantara anggota keluarga yang ada. Bagi anda yang saat ini tengah mempersiapkan seragam untuk kebutuhan lebaran mendatang, ada baiknya apabila anda perhatikan terlebih dahulu beberapa tips di bagian bawah ini :

  1. Penentuan model seragam
Model seragam adalah bagian pertama yang harus anda perhatikan ketika hendak memilih atau bahkan membuat seragam untuk keluarga. Ketika seragam yang hendak dipersiapkan itu ditujukan untuk kebutuhan di hari lebaran, maka pastikanlah untuk memilih model yang tepat dan dapat menunjang suasana lebaran. Dalam hal ini tentu saja model yang paling tepat untuk dipilih adalah model dari busana muslim. Untuk pria, model pakaian yang digunakan itu dapat berbentuk kemeja atau bahkan baju koko dengan tangan panjang serta pendek, sedangkan bagi kaum wanita, ada baiknya untuk menggunakan baju muslim dengan model dress simple atau dapat pula memilih gamis, serta baju syra’i.

  1. Pemilihan warna
Setelah model pakaian ditentukan, maka bagian selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah pemilihan warna. Ada banyak jenis warna yang bisa anda jadikan pilihan tepat, namun bagi anda yang ingin tampil dengan seragam yang cocok untuk digunakan oleh semua anggota keluarga maka ada baiknya untuk memilih jenis warna netral atau jenis warna yang tidak membuat tampilan salah satu atau beberapa anggota lebih mencolok, seperti halnya pilihan warna putih kemudian hitam, abu, coklat, biru tua, atau bahkan merah marun yang tentunya tidak hanya cocok untuk digunakan oleh wanita saja, tetapi terlihat nyaman pula apabila digunakan oleh pria.

  1. Bahan
Ketika pemilihan seragam dilakukan dengan memilih baju yang sudah jadi secara langsung, tentunya proses pemilihan bahan pun tidak dapat dilakukan sesuai selera. Pasalnya seragam yang anda pilih merupakan produk pakaian jadi yang siap untuk digunakan, Namun berbeda halnya jika seragam untuk keluarga itu dibuat dengan cara menjahit secara pribadi, tentunya pemilihan bahan pun dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan anggota keluarga lainnya. Ada banyak jenis bahan yang dapat digunakan, seperti halnya bahan dari kain sutra yang  dapat menimbulkan kesan mewah, kemudian bahan lace / cerutti yang juga dapat memberikan kesan feminin, hingga bahan katun yang dapat menyerap keringat dan lebih nyaman untuk digunakan.

  1. Anggota keluarga yang menggunakan seragam
Berbicara mengenai keluarga tentunya tidak hanya terdiri dari satu, dua orang saja, tetapi jumlah yang dimilikinya itu cukup banyak. Karena itulah dalam pembuatan seragam sebaiknya anda perhatikan siapa saja yang hendak menggunakan seragam tersebut. Kemudian pastikan ukuran bahan yang dibutuhkan olehnya, serta model pakaian seperti apa yang kiranya cocok untuk digunakan olehnya, karena meskipun dikenal sebagai seragam, namun ada baiknya apabila pakaian yang dibuat tidak menggunakan model yang serupa. Karena dengan model yang sama tidak jarang pakaian yang dimiliki oleh anggota keluarga itu tertukar antara satu dengan lainnya. Untuk itu, ada baiknya apabila membuat dengan model yang sedikit berbeda, sebagai pembanding atau menunjukkan siapa pemiliknya dengan lebih mudah.

  1. Perbandingan harga
Bagian paling akhir yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah survei dari seragam yang sudah jadi dengan jenis seragam yang harus dibuat terlebih dahulu. Dengan melakukan survei tentunya anda dapat melihat jenis seragam keluarga mana kiranya yang lebih cocok dan pas dengan keuangan anda dan keluarga untuk digunakan di hari lebaran.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar